Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Titrasi Asam Basa dan Korelasinya dengan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI IPA SMAN 4 Merlung

Wardah, Silmi Aulia (2019) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Titrasi Asam Basa dan Korelasinya dengan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI IPA SMAN 4 Merlung. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
JUDUL-1.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESEHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh sistem pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang membuat siswa belum berperan aktif dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah salah satu alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi titrasi asam basa, dan untuk mengatahui korelasinya dengan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 4 Merlung. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif korelasional. Desain yang digunakan adalah mix method. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi penggunaan model oleh guru maupun siswa dan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 65.60% dengan kategori baik dan persentase berpikir kritis siswa sebesar 66.04% dengan kategori baik. Hubungan antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0.6375 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa pada materi titrasi asam basa kelas XI SMAN 4 Merlung dan diperoleh Kd= 40 %.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: SILMI AULIA WARDAH
Date Deposited: 23 Dec 2019 08:56
Last Modified: 23 Dec 2019 08:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item