pane, M.Masbun and Bakar, Abu and Muhaimin, Muhaimin (2019) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 5 KOTA JAMBI. universitas jambi.
![]() |
Text
cover masbun.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Dok baru 2019-12-23 15.49.20_1.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Kegiatan praktikum idealnya dilakukan di laboratorium atas dasar kelengkapan alat dan bahan yang digunakan. Di dalam Permendikbud Nomor 81A tahun 2013, laboratorium menjadi sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan oleh siswa tetapi sekolah dalam hal ini seringkali kekurangan dalam penyedian alat dan bahan praktikum. salah satu media yang dapat digunakan untuk mengatasi terbatasnya alat-alat praktikum dan zat-zat kimia untuk kegiatan laboratorium adalah menggunakan laboratorium virtual dengan laboratorium virtual tersebut guru ataupun siswa sangat terbantu dalam memahami berbagai macam alat, bahan dan zat kimia untuk kegiatan praktikum, lengkap dengan fungsi, mekanisme reaksi, bentuk-bentuk molekul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran laboratorium virtual dan mengetahui kelayakan media pembelajaran laboratorium virtual pada materi hidrolisis garam Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunkana model desain ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket kebutuhan siswa, angket validasi media, angket validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan laboratorium virtual menurut ahli materi mendapat skor 69 dimana ini terdapat pada interval >63-75 (Sangat Baik) dan ahli media mendapat skor 69 dimana ini terdapat pada interval >63-75 (Sangat Baik). Untuk hasil penilain guru mendapat skor 75 dimana ini terdapat pada interval >63-75(Sangat Baik) dan respon siswa adalah 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil pengembangan disimpulkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual pada materi hidrolisis garam Sangat Baik dan direspon positif oleh siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi hidrolisis garam.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M.MASBUN PANE |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 09:06 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 09:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |