Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Bengkuang (Pachyrhizus erosus (L.)Urb.) Terhadap Aktifitas Makan Ulat Daun (Diaphania indica S.) Pada Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) Sebagai Penuntun Praktikum Materi Entomologi.

Anggarini, Rita (2019) Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Bengkuang (Pachyrhizus erosus (L.)Urb.) Terhadap Aktifitas Makan Ulat Daun (Diaphania indica S.) Pada Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) Sebagai Penuntun Praktikum Materi Entomologi. Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Bengkuang (Pachyrhizus erosus (L.)Urb.) Terhadap Aktifitas Makan Ulat Daun (Diaphania indica S.) Pada Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) Sebagai Penuntun Praktikum Materi Entomologi.. (Unpublished)

[img] Text
BAB_V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
PENGESAHAN[1].pdf

Download (641kB)
[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Ulat daun merupakan serangga yang menyerang tanaman mentimu. Untuk mengantisipasi kerugian yang disebabkan oleh ulat daun petani banyak menggunakan insektisida kimiawi. Penggunaan insektisida kimiawi dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan resistensi hama. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pengganti insektisida kimiawi yaitu insektisida nabati. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai insektisida nabati adalah biji bengkuang karena memiliki senyawa aktif yang bersifat sebagai racun hingga menyebabkan kematian pada serangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak biji bengkuang terhadap aktifitas makan ulat daun pada tanaman mentimun. Parameter yang diamati berupa aktifitas makan ulat daun pada daun mentimun. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental dan desain RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 7 perlakuan yaitu: P0= Akuades (kontrol negatif), P1= Insektisida Yasithrin (kontrol positif ), P2= 1%, P3= 2%, P4= 4%, P5= 6%, P6= 8% dengan 4 kali pengulangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2019 di laboratorium instrumen dan tugas akhir Fakultas Sains dan Teknologi dan laboratorium Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi konsentrasi ekstrak biji bengkuang yang diberikan maka semakin rendah aktifitas makan ulat daun. Tingkat konsentrasi terbaik pada penelitian ini yaitu konsentrasi ekstrak 8%. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh ekstrak biji bengkuang terhadap aktifitas makan ulat daun dapat disimpulkan ekstrak biji bengkuang dapat mengurangi aktifitas makan ulat daun pada daun mentimun.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RITA ANGGARINI
Date Deposited: 26 Dec 2019 01:11
Last Modified: 26 Dec 2019 01:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item