PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 10 TANJUNG JABUNG TIMUR

SATRIYANDA PUTRA, ARI (2019) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 10 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 10 TANJUNG JABUNG TIMUR.

[img] Text
COVER.docx

Download (47kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (176kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Ari Satriyanda. 2019. Pengembangan Booklet Berbasis Sumber Energi Alternatif Sebagai Bahan Ajar Materi Daur Ulang Limbah di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Timur”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I): Dr. Dra. Evita Anggereini.,M.Si., Pembimbing (II): Mia Aina, S.Pd., M. Pd Kata Kunci : Bahan Ajar, booklet, limbah sabut kelapa, briket. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan booklet berbasis sumber energi alternatif sebagai bahan ajar pada materi daur ulang limbah di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Timur. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini terdiri atas 5 tahapan yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Diharapkan dengan dikembangkannya booklet dapat membantu dalam mengatasi permasalahan limbah sabut kelapa yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA SMA Negerri 10 Tanjung Jabung Timur, Di Desa Kota Baru Kecamatan Geragai pada tanggal 16 April 2019. Data yang diperoleh berdasarkan hasil penyebaran angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, guru matapelajaran Biologi, 5 orang siswa untuk kelompok kecil, 15 orang siswa untuk kelompok besar, serta 5 orang masyarakat untuk kelompok kecil masyarakat. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli media dilakukan sebanyak tiga kali dengan persentase 75% termasuk dalam kategori “Baik”. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak dua kali dengan persentase akhir 79,2 % dengan kategori “Baik”. Persentase ujicoba kelompok besar terhadap produk booklet berbasis sumber energi alternatif sebesar 87,9 % dengan kategori “Sangat Baik”. Persentase ujicoba kelompok kecil terhadap produk booklet berbasis sumber energi alternatif sebesar 83 % dengan kategori “Sangat Baik”. Persentase ujicoba persepsi guru terhadap produk booklet berbasis sumber energi alternatif sebesar 96 % dengan kategori “Sangat Baik”. Persentase ujicoba persepsi masyarakat terhadap produk booklet berbasis sumber energi alternatif sebesar 85,8 % dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan demikian booklet berbasis sumber energi alternatif telah layak digunakan sebagai bahan ajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: ARI SATRIYANDA PUTRA
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:24
Last Modified: 26 Dec 2019 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item