PEMANFAATAN MIKROORGANISME PADA PENGOLAHAN LIMBAH KANDANG UNTUK MENGATASI PENYAKIT KOPI LIBERIKA (KASUS KKN-PPM DI KECAMATAN BETARA)

KARTIKA, ELIS and GUSNIWATI, GUSNIWATI and LIZAWATI, LIZAWATI (2017) PEMANFAATAN MIKROORGANISME PADA PENGOLAHAN LIMBAH KANDANG UNTUK MENGATASI PENYAKIT KOPI LIBERIKA (KASUS KKN-PPM DI KECAMATAN BETARA). In: PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PkM-CSR 2017, 19-21 OKTOBER 2017, SURAKARTA.

[img] Text
Prosiding PKM CSR_Elis Kartika_Gusniwati_Lizawati_2017.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lppm.uph.edu/id/pkmcsr-2015/konferensi-nasi...

Abstract

Kopi Liberika Tungkal Jambi (Libtujam) merupakan kopi khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kecamatan Betara adalah salah satu kecamatan di Kabupaten ini yang merupakan sentra kopi Libtujam dan menjadi target utama PEMDA dalam meningkatkan produksi kopi. Namun target PEMDA belum dapat terrealisasi karena tanaman yang ada dan tanah bekas penanaman kopi yang sebelumnya sudah terkontaminasi dengan penyakit jamur akar putih dan karat daun, sehingga untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu teknologi yang sederhana, murah, ramah lingkungan dan dapat dilakukan oleh petani. Teknologi hayati TRIZA pada pembibitan kopi merupakan salah usaha yang dapat diterapkan, yang merupakan gabungan dari Tricho yaitu singkatan dari Trichoderma, TRIZA adalah limbah padat kandang sapi yang sudah difermentasi dan Mikoriza. TRIZA digunakan sebagai media untuk pembibitan kopi untuk mencegah penyakit akar putih dan karat daun pada kopi. Kegiatan ini merupakan kegiatan transfer teknologi melalui mahasiswa KKN-PPM. Teknologi diterapkan di dua desa yaitu Desa Bunga Tanjung dan Mendala Jaya yang merupakan desa sampling dari Kecamatan Betara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman petani terhadap inovasi Teknologi TRIZA untuk mengatasi penyakit Jamur Akar Putih dan karat daun pada tanaman kopi. Respon dari petani sangat positif, petani mau berpartisipasi, memberikan antusias dan mau menerima inovasi teknologi yang diberikan serta memiliki minat yang tinggi, bersedia untuk menerapkan teknologi yang diberikan serta bersedia melanjutkan program teknologi ini dalam mengatasi penyakit Jamur Akar Putih dan karat daun pada tanaman kopi. Lebih dari 90% anggota kelompok petani kopi mengikuti semua kegiatan pengabdian, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat berhasil. Kata Kunci: Kopi, jamur akar putih, karat daun, mikoriza, Trichoderma sp.

Type: Conference (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: ELIS KARTIKA
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:48
Last Modified: 14 Jan 2020 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item