Sari, Diana (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN WONDERSHARE FILMORA MATERI INDONESIA ZAMAN PRA AKSARA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN WONDERSHARE FILMORA MATERI INDONESIA ZAMAN PRA AKSARA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Diana. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Menggunakan Wondershare Filmora Materi Indonesia Zaman Pra Aksara Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd (2) Amir Syariffudin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Wondershare Filmora, Pembelajaran Sejarah Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap media pembelajaran sejarah terkhusus menggunakan video. Landasan dilakukan penelitian ini yaitu atas dasar angket pra penelitan yang dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Model yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desiain, Development, Implementasi, dan Evaluasi). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dengan rincian 12 siswa untuk uji coba kelommpok kecil, 21 siswa untuk uji coba kelompok besar dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Waktu penelitian ini dimulai dari bulan September 2019 sampai dengan Oktober 2019. Tempat dalam penelitian tindakan kelas ini di kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah berupa sebuah CD yang berisi video pembelajaran yang memuat materi pembelajaran sejarah di dalamnya. Di buat dan di desain dengan menggunakan software Wondershare Filmora. berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan video pembelajaran sejarah kelas X menggunakan software Wondershare Filmora pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate. 2) Respon siswa dapat dilihat dari hasil ujicoba kelompok kecil, ujicoba kelompok besar, dan uji lapangan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari ujicoba kelompok kecil yaitu skor sebanyak 441 dengan persentase 441/624*100%=70,6% dengan rata-rata skor 36.75 dapat disimpulkan bahva video pembelajaran dikategorikan baik. Selanjutnya dari hasil uji coba kelompok besar diperoleh keseluruhan skor sebanyak 894 dengan persentase 894/1092*100%=81,86% dengan rata-rata 42.5 sehingga video pembelajaran dikategorikan sangat baik. Sementara itu berdasarkan hasil uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan video pembelajaran dengan nilai rata-rata dari 31,85 menuju 90,3. Video pembelajaran menggunakan Wondershare Filmora ini dinilai layak dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas X dalam proses belajar mengajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DIANA SARI |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 06:51 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10198 |
Actions (login required)
View Item |