PRAMANDA, DADEP (2020) PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Pramanda, Dadep, 2019, Pengaruh Manajemen Kelas Dan Sarana Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 12 Kota Jambi : Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si, (II) Siti Syuhada, S.Pd, M.E. Kata kunci : Manajemen Kelas, Sarana Prasarana, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kualitas pembelajaran merupakan pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan, yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan di dalam rencana strateginya atau kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan. Akan tetapi kualitas pembelajaran masih terbilang rendah terutama dimata pelajaran Ekonomi.. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap kualitas pembelajaran siswa Kelas X IPS mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 12 Kota Jambi. 2) Untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran siswa kelas X IPS mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 12 Kota Jambi. 3) Untuk Mengetahui pengaruh manajemen kelas dan sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran siswa kelas X IPS mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 12 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat Expost facto. objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 kota jambi. Populasi penelitian ini berjumlah 146 dan sampelnya berjumlah 106 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 16 item untuk manajemen kelas, 10 item untuk sarana prasarana dan 17 item untuk kualitas pembelajaran. Dari hasil analisis data menjelaskan bahwa : 1) Terdapat pengaruh signifikan manajemen kelas terhadap kualitas pembelajaran siwa kelas X IPS. 2) Terdapat pengaruh signifikan sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran siswa kelas X IPS. 3) Terdapat pengaruh signifikan manajemen kelas dan sarana prasarana secara simultan terhadap kualitas belajar siswa kelas X IPS. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas dan sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran sisiwa kelas X IPS SMA Negeri 12 Kota Jambi dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,592 atau 59,2 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan pelaksanaan manajemen kelas hendaknya dapat lebih memperhatikan manajemen kelas dengan lebih aktif dalam mempersiapkan segala komponen yang ada dalam manajemen kelas sehingga dapat tercapainya kualitas pembelajaran yang semakin baik pula.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DADEP PRAMANDA |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 03:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10202 |
Actions (login required)
View Item |