MARINI, DWI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TIPE KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI. S1 thesis, FKIP.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (101kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (325kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
1. BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text
5. BAB V.pdf Download (97kB) |
Abstract
ABSTRAK Marini, Dwi. 2020.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Tipe Kepribadian Sensing dan Intuition dalam Menyelesaikan Soal Geometri: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S. (II) Drs. Husni Sabil,M. Pd Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa sensing dan intuition, Menyelesaikan Soal Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya kesalahan yang dilakukan siswa dalam penyelesaian permasalahan geometri, siswa mengalami kesalahan analisis dalam memahami kondisi geometri yang ditanyakan sehingga mengambil kesimpulan yang salah. Hal ini dipengaruhi oleh kepribadian siswa yaitu tipe kepribadian siswa Sensing dan siswa Intuition. Sehingga permasalahan tersebut perlu segera diatasi agar pelaksanaan pembelajaran berhasil secara optimal Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kepribadian sensing dan intuition dan perbedaannya dalam menyelesaikan soal geometri Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa dengan tipe kepribadian sensing dan kepribadian intuition kelasIX SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang terpilih sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes kepribadian siswa, lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Siswa sensing dan siswa intuition secara umum dapat melaksanakan pemecahan masalah matematika, ini dibuktikan bahwa siswa sensing dan siswa intuition dapat memenuhi indikator pertama, yaitu siswa memahami/mengidentifikasi, ini menunjukkan bahwa siswa sensing dan siswa intuition dapat menuliskan apa saja yang diketahui dari soal. Mengenai indikator kedua, yaitu merencanakan pemecahan masalah, ini menunjukkan bahwa siswa sensing dan siswa intuition dapat menuliskan apa saja yang ditanyakan dari soal dan rumus yang diperlukan dalam pengerjaan soal. Mengenai indikator ketiga, yaitu melaksanakan pemecahan masalah, ini menunjukkan bahwa siswa sensing dan siswa intuition dapat menyelesaikan soal dengan langkah yang benar. Namun, mengenai indikator keempat, yaitu mereview hasil pemecahan masalah, ini menunjukkan bahwa siswa sensing dan siswa intuition sama-sama tidak dapat mengecek kembali hasil jawaban yang diperoleh dengan melakukan pembuktian atau tidak dapat menggunakan metode lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DWI MARINI |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 08:11 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 08:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10223 |
Actions (login required)
View Item |