Kristina, Maya Indah (2020) Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Numerikal Matematika Pada Soal Cerita Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Numerikal Matematika Pada Soal Cerita Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. (Submitted)
Text
1. COVER.pdf Download (166kB) |
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (722kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (358kB) |
|
Text
5. BAB V.pdf Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran terlebih pada pembelajaran matematika terutama pada materi yang berhubungan dengan pola dan barisan angka-angka, karena pada materi tersebut banyak menggunakan kemampuan dalam menyelesaikan angka-angka dan materi ini juga terkait dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan dan penyebab kesulitan kemampuan numerikal matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang terpilih sebagai subjek penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes kemampuan numerikal matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adalah:1) Siswa atau subjek SKN1, SKN2, dan SKN3 tidak dapat melakukan atau mengubah permasalahan atau soal berbentuk cerita menjadi angka-angka, melakukan perhitungan dan pengoperasian,dan menarik kesimpulan logis dengan demikian diketahui bahwa subjek SKN1, SKN2, dan SKN3 mengalami kesulitan dalam melakukan atau mengubah permasalahan atau soal berbentuk cerita menjadi angka-angka, melakukan perhitungan dan pengoperasian,dan menarik kesimpulan logis. 2) Berdasarkan analisis subjek SKN1, SKN2, dan SKN3 mengalami kesulitan dalam kemampuan numerikal matematika dikarenakan subjek mengalami kesulitan tersebut tampaknya terkait dengan pengajaran yang menuntut apakah membuat kalimat matematika tanpa lebih dahulu memberikan petunjuk tentang langkah-langkah yang harus ditempuh. Lebih lanjut dijelaskan bahwa bagi anak berkesulitan belajar, dan bahkan juga bagi anak yang tidak berkesulitan belajar, menyelesaikan soal cerita semacam itu bukan pekerjaan yang mudah.Disamping itu, anak juga tidak terlatih untuk menyelesaikan masalah matematika secara lebih sistematis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAYA INDAH KRISTIANA |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 04:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10257 |
Actions (login required)
View Item |