PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NUSANTARA KOTA JAMBI

AHMAD JANI, RIZAL (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NUSANTARA KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NUSANTARA KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmadjani, Rizal. 2019. Pengaruh Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Nusantara Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo,M.Hum., M.Pd (II) Amir Syarifuddin, M.Pd Kata Kunci : Pengaruh, Picture and Picture, Hasil Belajar. Berangkat dari lemahnya daya ingat siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sejarah yang dikenal selalu monoton dan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran sejarah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar sejarah yang diperoleh oleh siswa, adanya sikap siswa yang malas, tidak perduli dan tidak mau memperhatikan dalam mengikuti pembelajaran sejarah yang mengakibatkan mereka tidak mampu mencapai hasil belajar yang diharapkan dan jauh dari kata tuntas dalam setiap hasil pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan permasalahan diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar materi sejarah Indonesia pada siswa kelas X SMA Nusantara Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian 0ne grup pre-test dan post test design. Penelitian dilakukan di SMA Nusantara Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang siswa kelas X jurusan IPS. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil penelitian terlihat bahwa ada selisih dari nilai pree-test dan post-test karena jumlah nilai yang diperoleh saat pree-test sebesar 595 sementara post-test 935 dan nilai rata-rata saat pree-test sebesar 37,19 sementara post-test 58,44 sehingga diperoleh jumlah dari selisih keseluruhan antara hasil pree-test dan post-test sebesar 380. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sejarah yang diajarkan dikelas eksperimen memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat dikatakan penerapan model picture and picture berpengaruh pada hasil belajar pokok bahasan sejarah manusia purba di SMA Nusantara Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZAL AHMAD JANI
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:19
Last Modified: 31 Jan 2020 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10260

Actions (login required)

View Item View Item