DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

VALINDRA, TIA (2020) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)

Abstract

Desain Modul Pembelajaran ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM yang mendukung kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 30 Muaro Jambi, (2) kualitas modul berbasis pendekatan STEM yang mendukung kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini yakni: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan ADDIE. (2) hasil analisis validasi materi, dan desain dengan persentase berturut-turut 96,47% dengan kriteria sangat valid, dan 95,29% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil berturut-turut mendapat persentase 80,00% dengan kriteria sangat praktis, dan 89,06% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan nilai test kemampuan literasi matematis, diperoleh persentase 79,67% dan angket respon peserta didik mendapat persentase 83,79% yang berada pada kategori efektif. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM yang mendukung kemampuan literasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kualitas yang baik karena memenuhi kriteria yakni kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Modul pembelajaran berbasis STEM pada materi bangun ruang sisi datar dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru dan dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi siswa, dan bagi modul ini dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya dan memanfaatkan ICT.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TIA ARTANIA VALINDRA
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:29
Last Modified: 05 Feb 2020 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item