NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS IX SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI

Rohmah, Ulin (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS IX SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmah, Ulin, 2019. Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerpen Buku Teks Bahasa Indonesia kelas IX SMA Negeri 13 Muaro Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Larlen, M.Pd., Pmebimbing (II) Drs. Imam Suwardi, M.Pd. Kata-kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Cerpen Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan cerpen yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas IX SMA Negeri 13 Muaro Jambi yang mengacu kepada sembilan aspek-aspek nilai pendidikan, yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan didaktis. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima cerpen yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia kelas IX SMA Negeri 13 Muaro Jambi, terdiri dari tiga buah cerpen yaitu RobohnyaSurau Kami, MatahariTakTerbitPagiInidanGerhana. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, dan wacana yang berupa narasi ataupun dialog yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model alir. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi, yaitu berupa metode dengan mengumpulkan data sejenis dari sumber data yang tersedia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa cerpen pada buku teks bahasa Indonesia kelas IX SMA Negeri 13 Muaro Jambi terdapat delapan nilai-nilai pendidikan. Yakni: nilai pendidikan beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nilai pendidikan berakhlak mulia, nilai pendidikan sehat, nilai pendidikan berilmu, nilai pendidikan cakap, nilai pendidikan kreatif, nilai pendidikan mandiri, dan nilai pendidikan bertanggungjawab. Nilai pendidikan tersebut terungkap secara implisit dan aksplisit dalam paparan narasi dan dialog.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Drs. Larlen, M.Pd., Pmebimbing (II) Drs. Imam Suwardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ULIN ROHMAH
Date Deposited: 01 Oct 2020 09:33
Last Modified: 01 Oct 2020 09:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10268

Actions (login required)

View Item View Item