PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 PADA MATERI PRAKTIKUM ENZIM KATALASE UNTUK SISWA KELAS XII SMA

SAFITRI, RINA (2019) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 PADA MATERI PRAKTIKUM ENZIM KATALASE UNTUK SISWA KELAS XII SMA. JURNAL PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6 PADA MATERI PRAKTIKUM ENZIM KATALASE UNTUK SISWA KELAS XII SMA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Rina. 2019. Pengembangan Laboratorium Virtual Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 pada Materi Praktikum Enzim Katalase untuk Siswa Kelas XII SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Retni Sulistiyoning Budiarti, S.Pd., M.Si. (2) Dr. Upik Yelianti, M.S Kata Kunci: Laboratorium Virtual, Adobe Flash, Enzim Katalase. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium virtual menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 pada materi praktikum enzim katalase, dan mengetahui kelayakan produk, serta mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap laboratorium virtual. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi dengan menyebar angket persepsi kepada guru dan siswa, dengan subyek penelitian ini berupa kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa, kelompok besar terdiri dari 25 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran biologi. Laboratorium virtual yang dibuat telah divalidasi oleh 1 validator media dan 1 validator materi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media terhadap laboratorium virtual diperoleh hasil persentase sebesar 88,33% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi terhadap laboratorium virtual diperoleh hasil persentase sebesar 80,00% dengan kategori “layak”. Dengan demikian laboratorium virtual ini layak untuk diujicobakan ke sekolah. Hasil ujicoba persepsi guru biologi di SMA Negeri 5 Kota Jambi terhadap laboratorium virtual diperoleh persentase 81,25% dengan kategori “sangat baik”. Ujicoba kelompok kecil terhadap laboratorium virtual diperoleh persentase 84,02% dengan kategori “sangat baik”. Ujicoba kelompok besar terhadap laboratorium virtual diperoleh persentase 86,16% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penilaian ahli media dan ahli materi, persepsi guru dan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual pada materi praktikum enzim katalase sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, sebagai penunjang proses pembelajaran dan kegiatan praktikum.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: RINA SAFITRI
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:18
Last Modified: 04 Feb 2020 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item View Item