IMPLEMENTASI METODE COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

ADAN RAMADAN, FRIDA RACHMAD (2019) IMPLEMENTASI METODE COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI METODE COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Ramadan, Frida Rachmad Adan. 2019. Implementasi Metode Complete Sentence Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA 11 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd, pembimbing (2) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Metode Complete Sentence, Motivasi Belajar, Sejarah Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 11 Kota Jambi dengan alamat Jl. Sersan Anwar Bay, Bagan Pete, Jambi Utara, Kota Jambi, Jambi 36129. Alasan memilih lokasi tersebut karena berdasarkan pengamatan penulis, disekolah tersebut belum diterapkannya metode complete sentence dalam pembelajaran sejarah dan ketersediaan sumber yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan proses belajar mengajar dikelas XI IPS 1 SMAN 11 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa di kelas XI IPS 1 SMA N 11 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 melalui implementasi metode Complete Sentence (CS). Dimana permasalahan yang terjadi saat pembelajaran sejarah dikelas yaitu kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa jarang bertanya pada guru meskipun belum paham materi, siswa tidak berani mengemukakan pendapat, siswa tidak aktif dan siswa tidak mempunyai motivasi untuk menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa prasiklus ternyata siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Kota Jambi memiliki motivasi belajar yang masih dikategorikan sedang/kurang dengan rata-rata nilai motivasi belajar siswa sebesar 47.46%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa (mencapai persentase sebesar 70,06 yang berarti termsuk kategori “tinggi) setelah penerapan metode complete sentence pada mata pelajaran sejarah pada proses siklus I, namun belum sepenuhnya dapat meningkatkan seluruh siswa yang berada di dalam kelas. 2) Terjadi peningkatan motivasi belajar setelah penerapan metode complete sentence pada siklus ke II. Ketuntasan motivasi belajar pada kategori tinggi yaitu (77,04), 3) Terbukti terjadi peningkatan yang signifikan, motivasi belajar setelah menggunakan metode complete sentence pada siklus ke III. Hal ini berarti bahwa PTK dapat dikatakan berhasil sebagai berikut: (a) Motivasi belajar siswa SMA mecapai rerata sangat tinggi (80,28%), padahal target dalam rancangan PTK hanya “tinggi”. Dengan kata lain hipotesis tindakan yang diajukan dalam PTK yaitu dengan metode complete sentence diterapkan dalam mata pelajaran sejarah, maka motivasi siswa di SMAN 11 Kota Jambi akan meningkat minimal rerata 75%, dapat diterima. 4) Ini mengandung makna bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang di miliki siswa, akan semakin tinggi pula hasil belajar yang diperolehnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FRIDA RACHMAD ADAN RAMADAN
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:47
Last Modified: 04 Feb 2020 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item