PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI

Putri, Indah Wijaya (2020) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI. PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL INDAH.pdf

Download (521kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Wijaya Indah. 2019. Penggunaan Media Gambar pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Aripudin, M. Hum. (2) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata Kunci: media gambar, menulis, teks deskripsi Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis yaitu salah satu keterampilan yang masih tergolong rendah dikalangan siswa. Salah satu upaya untuk membantu mengatasi rendahnya menulis siswa khususnya menulis deskripsi dengan cara mengoptimalkan penggunaan media dalam proses belajar-mengajar. Media sebagai alat komunikasi dapat lebih mengefektifkan proses belajar-mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media visual pada pembelajaran menulis teks deskripsi kelas VII K Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa yang diambil dari siswa kelas VII K Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mengelola data yang terkumpul dari hasil tes, dan hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan media gambar sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran. Penerapan media gambar dapat memudahkan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar ditampilkan, Siswa dengan antusias memperhatikan gambar, kemudian menuliskan apa yang dilihatnya menjadi sebuah kalimat. Siswa tampak antusias menuliskan setiap hal yang ada pada gambar. Selain itu, siswa terlatih menganalisis kesalahan yang dilakukan dalam menulis deskripsi. Siswa terlihat aktif, hampir semua ingin menyampaikan gagasannya dan bertanya kepada guru tentang bagaimana menulis deskripsi yang baik. Tingkat motivasi dan perhatian siswa terhadap pembelajaran menulis deskripsi juga mengalami peningkatan ditandai dengan sebagian besar siswa lebih memperhatikan guru jika guru sedang menjelaskan materi menulis deskripsi. Kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas VII K SMP N 16 Kota Jambi menggunakan media gambar upin dan ipin dengan nilai rata-rata 75,93 dengan kualifikasi baik. Kemampuan menulis teks deskriptif menggunakan media gambar kelinci dengan nilai rata-rata 77,43 dengan kualifikasi baik dan menggunakan media proyektor LCD dengan nilai rata-rata 78,73 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa siswa lebih kreatif dalam menulis teks deskripsi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: INDAH WIJAYA PUTRI
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:37
Last Modified: 05 Feb 2020 04:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item