ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTS NEGERI 5 MERANGIN

APRIYANI, RATNA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTS NEGERI 5 MERANGIN. ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI MTS NEGERI 5 MERANGIN. (Submitted)

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
5.BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

Dalam penelitian ini kemampuan penalaran matematis yang diukur berdasarkan indikatornya yaitu, menarik kesimpulan logis, memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat atau hubungan, memperkirakan jawaban dan proses solusi dan menyusun argumen yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 5 Merangin. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-B. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis SKP-01 sudah dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa SKP-02 kemampuan penalaran matematis tidak mampu memenuhi indikator menyusun argumen yang valid. Dan siswa SKP-03 tidak mampu memenuhi indikator memperkirakan jawaban dan proses solusi dan indikator menyusun argumen yang valid. Jadi ketiga subjek yang memiliki kemampuan penalaran matematis yang berbeda, memiliki kendala dalam memenuhi indikator kemampuan matematis yang berbeda pula. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar matematika terlebih dalam kemampuan penalaran matematisnya diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat, mendorong siswa untuk berinteraksi positif sesama siswa maupun dengan guru ketika belajar, mendorong siswa untuk menggunakan nalar yang logis dalam menyelesaikan persoalan matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATNA APRIYANI
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:50
Last Modified: 06 Feb 2020 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item