YUNITA, DELVIA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE DRILL DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK BEKTI MULIA MUARO JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE DRILL DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK BEKTI MULIA MUARO JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (377kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAK Yunita, Delvia. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Drill dengan Media Gambar di TK Bekti Mulia Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Kasmiati, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: berbahasa lisan, metode drill, media gambar. Penelitian ini dilatar belakang oleh kemampuan berbahasa lisan anak usia 4-5 tahun di TK Bekti Mulia Muaro Jambi belum berkembang secara optimal dan tergolong masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian kemampuan berbahasa lisan anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan melalui metode drill dengan media gambar. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia 4-5 tahun melalui metode drill dengan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang digunakan adalah jenis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data ini diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya metode drill dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Hal ini terlihat dari hasil pra tindakan atau sebelum adanya pemberian tindakan terlihat bahwa kemampuan berbahasa lisan anak belum berkembang yaitu dengan presentase 28,43 %. Setelah pemberian tindakan pada siklus 1 dengan hasil presentase sebesar 74,11 % anak sudah berkembang, namun masih belum memasuki kriteria ketuntasan. Maka peneliti melanjutkan pada siklus ke-2 dengan menambahkan tindakan berupa reward (penghargaan) yang diberikan kepada anak pada saat proses mengajar. Dengan memberikan reward (penghargaan) kepada anak, mampu meningkatkan motivasi belajar anak agar anak akan semakin termotivasi untuk berbicara/mengungkapkan bahasanya sehingga anak dapat mengikuti kegiatan metode drill dengan baik. Dan pada siklus 2 kemampuan berbahasa lisan anak dinyatakan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan hasil presentasi yaitu sebesar 85,725 % sesuai dengan kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak usia 4-5 tahun di TK Bekti Mulia Muaro Jambi dapat ditingkatkan melalui metode drill dengan media gambar dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan hasil akhir yaitu sebesar 85,725 %.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DELVIA YUNITA |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 03:26 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 03:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10295 |
Actions (login required)
View Item |