PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI

Farhana, Nur Nadila (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I-1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V-2.docx

Download (20kB)

Abstract

Farhana, Nur Nadila . 2020. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Farida Kohar, M.P (II) Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata Kunci : Model Inside Outside Circle, Model Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang masih rendah. Hal tersebut di karenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat teacher centered, sehingga pemebelajaran masih monoton yang menyebabkan siswa menjadi jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Team Assisted Individualization (TAI) di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah pretest - postest- Design. Dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test (sebelum perlakuan) dan post-test (setelah perlakuan). Berdasarkan hasil analisis yang didapat bahwa antara dua variabel yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II terdapat perbedaan hasil belajar. Dimana pada kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle mendapatkan nilai pretest siswa dengan rata-rata (mean) sebesar 64,17 sedangkan untuk jumlah nilai posttest siswa dengan rata-rata mean yang diperoleh siswa 87,57. Sedangkan kelas eskperimen II yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) mendapat nilai pretest siswa dengan rata-rata (mean) sebesar 59,6 sedangkan untuk jumlah nilai posttest siswa dengan rata-rata mean yang diperoleh siswa 75,53. Pada hasil uji-t dengan t hitung (2,56) > t tabel (2,00). Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau (2,56 lebih besar daripada 2.00) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Team Assisted Individualization (TAI) di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi Saran dalam penelitian ini terutama untuk guru pelajaran ekonomi ada baiknya dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran bervariasi agar dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Team Assisted Individualization (TAI).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR NADILA FARHANA
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:53
Last Modified: 11 Feb 2020 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item