PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DI KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR

SYAFITRI, ELIS (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DI KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover Skripsi_A1C216074.pdf

Download (36kB)
[img] Text
9. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran_A1C216074.pdf

Download (46kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan_A1C216074.docx.pdf

Download (110kB)
[img] Text
10. Bab I_A1C216074-min.pdf

Download (121kB)
[img] Text
14. Bab V_A1C216074.pdf

Download (116kB)

Abstract

Elis Syafitri. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis di Kelas VII SMP pada Materi Aljabar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Literasi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk mendukung kemampuan literasi matematis di Kelas VII SMP pada materi aljabar dan mendeskripsikan kualitas LKPD yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Rusdi (2018) meliputi tahap analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan subjek evaluasi satu per satu sebanyak 3 orang dan evaluasi kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif, keterampilan, minat dan bakat. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrumen, desain, materi, dan praktisi, wawancara terstruktur, lembar observasi, angket respon peserta didik dan soal tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain, materi, praktisi (guru matapelajaran matematika), hasil evaluasi satu per satu (one to one evaluation), dan evaluasi kelompok kecil. Kualitas LKPD dalam kategori kualitas media yang baik, dikarenakan LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan jumlah skor yaitu 286 yaitu “sangat valid”, kriteria kepraktisan dengan jumlah skor 486,27 yaitu “sangat praktis”. Kriteria keefektifan yaitu memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 88,89 dengan kriteria “sangat efektif”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elis Syafitri
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:36
Last Modified: 13 Feb 2020 01:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item