PURBA, MARTHA LESTARI (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI MATRIKS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (561kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (203kB) |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi belum menunjukkan kegiatan aktif, bermakna, dan mendukung kemampuan berpikir kritis matematis bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Matriks yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap perancangan (develop) yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah Lembar Validasi LKPD (ahli materi dan ahli desain), Lembar Praktikalitas LKPD (Angket Respon Pendidik dan Peserta Didik), Lembar Efektivitas LKPD (Angket Respon Peserta Didik, Lembar Observasi Aktivitas Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar Peserta Didik). Semua data yang dikumpulkan dianalisis Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil validasi ahli materi diperoleh 80,95% (sangat valid), hasil validasi ahli desain diperoleh 84,16% (sangat valid), hasil angket respon pendidik diperoleh 98,82% (sangar praktis), hasil angket respon peserta didik diperoleh 85,84% (sangat praktis), lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh 100,00% (sangat efektif), serta tes hasil belajar peserta didik diperoleh 81,16% (sangat efektif).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MARTHA LESTARI BR PURBA |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 02:29 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10336 |
Actions (login required)
View Item |