NURLIYANA, APRILIA (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 BERBASIS TEKS KELAS X SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYEOTI JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 BERBASIS TEKS KELAS X SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYEOTI JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (46kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (43kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (32kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurliyana, Aprilia. 2020. Implementasi Penilaian Autentik Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Berbasis Teks di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayeoti Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Rustam, S.Pd, M.Hum (2) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd Kata Kunci: Penilaian Autentik, Hasil Belajar, Kurikulum 2013 Berbasis Teks Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik hasil belajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013 berbasis teks kelas X SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayeoti dalam segi merancang, melaksanakan serta mengevaluasi penerapan yang dilakukan oleh guru pada kelas X IPA dan X IPS baik dari kompetensi sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayeoti pada Januari 2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data, reduksi data, membuat ringkasan, menyajikan data, memverifikasi data, dan membuat laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik hasil belajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013 berbasis teks kelas X SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayeoti Jambi, secara umum sudah sesuai dengan teori penilaian autentik baik dari segi merancang, melaksanakan, maupun mengevaluasi pembelajaran. Namun peneliti masih menemukan kendala yang dialami guru kelas X IPA dan X IPS dalam menerapkan penilaian autentik, yakni dari segi penilaian sikap (afektif) yang tidak terlaksana secara utuh karena terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu, serta banyaknya peserta didik yang harus dinilai setiap harinya, dan juga lampiran penilaian yang banyak untuk dinilai dalam setiap proses pembelajaran. Beda hal dengan penilaian pengetahuan dan keterampilan telah terlaksana dengan baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memahami bagaimana konsep penilaian autentik dengan memperhatikan ketiga kompetensi yang ada pada Kurikulum 2013 dengan cara menggunakan panduan penilaian sesuai dengan proses merancang, melaksanakan maupun mengevaluasi penialain dalam kegiatan pembelajaran baik diawal sampai akhir pertemuan. Sehingga ketiga aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinilai dapat mengukur kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan oleh guru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | APRILIA NURLIYANA |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:20 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |