IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI

SHINTYA, MARLINA (2020) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI SMAN 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Shintya, Marlina. 2020. Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Rustam, S.Pd., (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd Kata kunci: Implementasi, pembelajaran, PPK berbasis kelas Latar belakang penelitian ini adalah Seiring dengan perkembangan zaman, kualitas nilai pada pendidikan karakter di Indonesia harus mengalami perbaikkan dari tahun ke tahun. Itulah sebabnya pada tahun 2017, pemerintah menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima nilai utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. PPK menuntut seinergi tiga pusat pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat, dengan tiga basis pelaksanaan yaitu berbasis kelas, budaya sekolah dan budaya masyarakat. Dengan berbasis kelas diharapkan proses pembelajaran di kelas tidak hanya penanaman pengetahuan namun juga proses penanaman karakter. Itulah yang kemudian dilakukkan oleh SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan unruk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP guru, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat membuat RPP pembelajaran bahasa Indonesia penguatan pendidikan karakter berbasis kelas secara keseluruhan dengan kriteria sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukkan dengan baik, kegiatan inti pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis terlaksana dengan baik dan evaluasi pengauatan pendidikan karakter menggunakan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi sudah terlaksana sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Menengah. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas sudah terlaksanasecara keseluruhan dan evaluasi yang digunakan oleh guru penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MARLINA SHINTYA
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:19
Last Modified: 11 Feb 2020 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item