OKTAVIA, WITA (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII H SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII H SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktavia, Wita. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M. Pd., (II) Priyanto, S. Pd., M. Pd., Kata kunci: Multimedia pembelajaran, Videoscribe, menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe materi menulis teks deskripsi di kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi, (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe materi menulis teks deskripsi di kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari dua data, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara (sebagai data untuk studi pendahuluan), angket (sebagai data untuk mengetahui kelayakan dan respon terhadap multimedia yang dikembangkan), tes ( sebagai data untuk mengetahui kefektifan dari multimedia yang dikembangkan). Data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe materi menulis teks deskripsi di kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe materi menulis teks deskripsi di kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi efektif untuk digunakan dilihat dari hasil tes menulis teks deskripsi siswa yang terdiri dari pretest dengan rata-rata 60,3, postest dengan rata-rata 75, dan capaian hasil belajar dengan rata-rata 14,7. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk penelitian lebih lanjut agar mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe dengan cakupan materi yang lebih luas, gambar, animasi, audio, dan video yang lebih menarik sesuai dengan kebutuhan siswa. Serta, multimedia pembelajaran menggunakan Videoscribe dapat dikembangkan lebih lanjut dengan materi pelajaran yang berbeda.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WITA OKTAVIA |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:37 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10343 |
Actions (login required)
View Item |