NIRWANI, NANI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF DI KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF DI KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (46kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (27kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (78kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Nirwani, Nani. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pembelajaran Aktif di Kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dra. Rasdawita, M.M., (II) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, teks eksplanasi, pembelajaran aktif Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi menulis teks eksplanasi di kelas XI SMA berbasis pembelajaran aktif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada bulan Oktober 2019. Proses pengembangan media pembelajaran materi menulis teks eksplanasi ini melalui langkah-langkah pengembangan model ADDIE oleh Branch (2009) yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Pada tahap analisis (Analysis) dilakukan analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, analiais tujuan, analisis materi, analisis sarana dan sumber belajar. Pada tahapan desain (Design), dilakukan tahap medisain media pembelajaran yang diharapkan oleh pengguna dan metode pengujian yang tepat. Pada tahap Pengembangan (Development) dilakukan telaah hasil analisis, validasi media serta instrumen, dan telaah literatur yang relevan, sehingga menghasilkan produk berupa media pembelajaran materi menulis teks eksplanasi berbasis pembelajaran aktif yang layak uji coba. Tahap berikutnya dilakukan implementasi (Implementation) media pembelajaran secara uji satu-satu dan uji lapangan dengan The One Group Pretest Posttest Design dan evaluasi (Evaluation), level evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah level 1 yaitu presepsi (Preception) dan level 2 yaitu pembelajaran (Learning). Kepraktisan media pembelajaran materi menulis teks eksplanasi ini terdiri dari 3 aspek yakni kelayakan konten dengan rata-rata 88.04, kelayakan tampilan dengan rata-rata 85.49, dan teknik kebahasaan dengan rata-rata 93.75, dengan rata-rata ketiga aspek tersebut dengan nilai 89.09 tergolong praktis. Keefektifan dalam penelitian ini diukur dengan melihat selih nilai N-Gain Pretes dan Postes baik kemampuan kognitif maupun psikomotorik. Selisih pretes dan postes aspek kognitif sebesar 0,70 maka N-Gain yang dihasilkan tergolong sedang. Selanjutnya, pada aspek psikomotor selisih pretes dan postes didapatkan nilai 0,76 maka N-Gain yang dihasilkan termasuk kategori tinggi. i
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NANI NIRWANI |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 02:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10372 |
Actions (login required)
View Item |