PROBLEMATIK DALAM MENULIS PUISI; KAJIAN FENOMENOLOGI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

ANGGRAINI, DILA (2020) PROBLEMATIK DALAM MENULIS PUISI; KAJIAN FENOMENOLOGI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PROBLEMATIK DALAM MENULIS PUISI; KAJIAN FENOMENOLOGI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.doc

Download (163kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (55kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Dila. 2020. Problematik dalam Menulis Puisi; Kajian Fenomenologi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph.D., (II) Rustam, S.Pd., M.Hum. Kata kunci : problematik, menulis puisi, fenomenologi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada problematik siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi pada November 2019, hingga Desember 2019, dengan jumlah siswa di kelas VIII D berjumlah 35 orang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian Fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada siswa (sebagai data utama) dan melihat hasil karya puisi siswa (sebagai data penunjang). Setelah melakukan wawancara, data dianalisis secara kualitatif menggunakan studi fenomenologi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tidak leluasa untuk mencari ide dikarenakan oleh keterbatasan kemampuan yang dimiliki. Serta ada beberapa siswa yang kurang berkonsentrasi dalam proses belajar mengajar di kelas. Setelah pra pelaksanaan menulis siswa dihadapi dengan proses pelaksanaan menulis dimana siswa terkendala oleh sumber referensi, kebingungan karena tidak tahu, serta proses pencarian ide yang menyita waktu cukup lama. Lalu pada pelaksanaan menulis siswa tersebut juga merasa memiliki problematik dalam memilih diksi yang tepat untuk puisinya. Siswa yang menjadi partisipan dalam penelitian ini juga mengaku benar-benar menulis puisi berdasarkan perasaan yang ingin diungkapkannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematik dalam menulis puisi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi terdapat pada faktor internal, yakni dalam mengembangkan ide dan memilih diksi. Untuk itu disarankan agar siswa dapat memperbanyak membaca buku diperpustakaan sebagai sumber informasi dan hal ini juga bisa menambah kosa kata siswa tersebut. Disamping itu, guru juga memegang peranan penting terhadap puisi yang akan dihasilkan siswa karena saran serta motivasi dari guru juga dapat menambah semangat menulis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DILA ANGGRAINI
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:02
Last Modified: 12 Feb 2020 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item