PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 03 MUARO JAMBI KECAMATAN KUMPEH

Aryani, Dessy (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 03 MUARO JAMBI KECAMATAN KUMPEH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
hal pengesahan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 03 Muaro Jambi, Kecamatan Kumpeh. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena kecerdasan emosional siswa dapat berpengaruh terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA. Data penelitian diperoleh dari observasi, waawancara, angket, dan dokumentasi. Tahap pertama peneliti melakukan observasi pendahuluan dan wawancara kepada guru dan siswa. Tahap kedua peneliti menyebar angket disertai dengan dokumentasi. Selanjutnya tahap terakhir peneliti melakukan penarikan kesimpulan dengan memverifikasi data melalui transkip data dari kedua angket yang diberikan siswa. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kumpeh, yaitu di SMPN 03 Muaro Jambi pada Tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 235 siswa yang diambil dari populasi dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sikap siswa pada mata pelajaran IPA dan angket kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji asumsi dan uji hipotesis (uji regresi sederhana) diperoleh persamaan Y= 122,990 + (0,926X). Dari hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,741 atau sama dengan 74,1%. Ini bearti bahwa sumbangan efektif yang diberikan kecerdasan emosional terhadap sikap sebesar 74,1%, sedangkan sisanya yaitu 25,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor internal (yang berasal dari dalam diri individu) atau eksternal (faktor yang berasal dari luar individu). Hasil regresi diperoleh berdasarkan nilai thitung > ttabel yaitu 25,3813 > 1,651420. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional mempunyai pengaruh terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESSY ARYANI
Date Deposited: 12 Feb 2020 08:48
Last Modified: 12 Feb 2020 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item