Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Praktikum Fisika Dasar I Materi Kesetimbangan Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Berbasis Web

Ria Nasih, Ria (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Praktikum Fisika Dasar I Materi Kesetimbangan Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Berbasis Web. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
pengesahan2.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penilaian keterampilan proses sains yang dilakukan saat ini menggunakan instrumen penilaian KPS berbasis kertas. Instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I pada materi kesetimbangan berbasis kertas akan menimbulkan pemborosan penggunaan kertas dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh hasil pengukuran KPS sehingga cara ini kurang efektif dan efesien. Tidak bisa dibayangkan berapa banyak kertas yang digunakan setiap pengukuran KPS. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains praktikum Fisika Dasar I materi kesetimbangan menggunakan aplikasi dreamweaver berbasis web. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation yang dikenal dengan ADDIE. Tahap analysis dilakukan analisis dokumentasi repositori pendidikan Fisika FKIP UNJA. Tahap Design dilakukan untuk menghasilkan prototype produk. Tahap Development yaitu dilakukan validasi ahli media sebanyak 3 kali validasi. Tahap Implementation dan Evaluation yaitu dilakukan uji coba kelompok kecil menggunakan 12 subjek uji coba yaitu asisten laboratorium dan 50 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi dengan menggunakan instrumen penilaian keterampilan proses sains praktikum Fisika Dasar I materi kesetimbangan menggunakan aplikasi dreamweaver berbasis web. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif berupa saran/ perbaikan dari validator, dan data kuantitatif berupa hasil angket validasi dan respon asisten laboratorium. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah instrumen penilaian keterampilan proses sains praktikum Fisika Dasar I materi kesetimbangan menggunakan aplikasi dreamweaver berbasis web. Berdasarkan data respon asisten laboratorium pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi diperoleh bahwa penggunaan instrumen penilaian digital praktikum Fisika Dasar I materi kesetimbangan berbasis keterampilan proses sains layak untuk digunakan. Hal ini terlihat pada rata-rata data respon asisten laboratorium sebesar 3,4 dengan kategori sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENG RIA NASIH
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:09
Last Modified: 14 Feb 2020 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item