MILAZONI, TRI RIZKA (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kemampuan Matematika Tinggi Di SMP. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.docx Download (48kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (234kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (315kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK Milazoni, Tri Rizka. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kemampuan Matematika Tinggi Di SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si (II) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Tinggi. Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam rangka mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis, sistematis, logis, kreatif, dan bekerja sama secara efektif. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika, maka dibutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah. Berpikir kritis banyak memberikan manfaat baik dalam pembelajaran matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya yaitu dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa sehingga akan dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang lebih kompleks. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, siswa dapat menggunakan pikirannya untuk memecahkan masalah, mengambil keputusan, sehingga memperoleh hasil yang lebih baik.. Kemampuan siswa dalam memecahkan soal dianggap penting, karena dalam kesehariannya siswa selalu berhadapan dengan soal yang membutuhkan penyelesaian. Di SMPN 20 Kota Jambi terdapat siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi yang seharusnya memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, namun belum terlihat memenuhi keseluruhan tahapan berpikir kritis dalam mengerjakan soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kemampuan matematika tinggi di SMPN 20 Kota Jambi. Dapat dilihat berdasarkan tahapan berpikir kritis yaitu Memberikan penjelasan sederhana, Membangun keterampilan dasar dan membuat penjelasan lanjut, Strategi dan taktik, dan Kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 20 Kota Jambi pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa kelas VIII B, yang memiliki kemampuan matematika tinggi dilihat dari hasil ulangan yang mencapai nilai KKM pada materi peluang. Data diperoleh dari lembar tugas siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Hasil penelitian tentang kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah menunjukkan bahwa, keempat subjek memenuhi tahapan berpikir kritis Memberikan penjelasan sederhana, dan Membangun keterampilan dasar dan membuat penjelasan lanjut. Namun keempat subjek tersebut tidak memenuhi tahapan Strategi dan taktik, dan Kesimpulan, karena keempat subjek tidak menggunakan konsep peluang dan bilangan prima dengan tepat dan benar, sehingga pada kesimpulan akhir hasilnya salah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TRI RIZKA MILAZONI |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 07:52 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10425 |
Actions (login required)
View Item |