Pengembangan Video Pembelajaran Daur Ulang Limbah Plastik Berbasis Faktual Sebagai Bahan Pengayaan Materi Daur Ulang Limbah Pada Siswa Kelas X SMA

Heru Tri Putra, M. (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Daur Ulang Limbah Plastik Berbasis Faktual Sebagai Bahan Pengayaan Materi Daur Ulang Limbah Pada Siswa Kelas X SMA. S1 thesis, Pend. Biologi Jurusan PMIPA.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)

Abstract

Video pembelajaran adalah sebuah media pengantar pesan yang mampu merangsang pikiran siswa dalam proses pembelajaran dan di dalam video tersebut terdapat rekaman video beserta materi pembelajaran yang dapat diakses siswa ataupun guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis faktual pada materi daur ulang limbah di Kota Jambi pada siswa SMA kelas X, untuk mengetahui respon guru terhadap video pembelajaran berbasis faktual pada materi daur ulang limbah di Kota Jambi pada siswa SMA kelas X, untuk mengetahui respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis faktual pada materi daur ulang limbah di Kota Jambi pada siswa SMA kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Batanghari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian validator, respon guru dan respon siswa serta data kualitatif diperoleh dari tanggapan, saran atau masukan dari validator. Produk yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh tim ahli selanjutnya diujicoba pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase akhir yaitu 97,91% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi ahli media memperoleh presentase 82,69% dengan kategori “Sangat Baik”. Presentase ujicoba kelompok kecil kepada 6 orang siswa kelas XII IPA yaitu 88,54% dengan kategori “Sangat Baik” dan ujicoba presentase kelompok besar kepada 20 orang siswa SMAN 8 Batanghari yaitu 86,56% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan media video pembelajaran berbasis faktual pada materi daur ulang limbah untuk siswa kelas X SMA ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M. HERU TRI PUTRA
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:41
Last Modified: 18 Feb 2020 04:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item