FITRI, RIZKI AMALIA (2020) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN EKSPOSITORI SISWA SMP. S1 thesis, FKIP.
Text
COPER.pdf Download (169kB) |
|
Text
lembar pengesahan-dikonversi.pdf Download (80kB) |
|
Text
Daftar Isi-dikonversi.pdf Download (36kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (274kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Rizki Amalia. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Regulated Learning dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan Ekspositori Siswa SMP: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Regulated Learning, PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Ekspositori Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan ekspositori serta untuk melihat tingkat self regulated learning siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dikelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang diteliti sebanyak 54 siswa terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan 26 siswa kelas kontrol dengan strategi ekspositori. Setelah diterapkannya strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan ekspositori didapat rata-rata nilai hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 71,03 dan kelas kontrol 68,08. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t didapat bahwa t_(hitung )<t_tabel dengan t_hitung adalah 0,23512 dan t_tabel adalah 2,00665. Ternyata t_hitung berada di daerah penolakan H_0 dan H_0 ditolak dan H_1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan ekspositori di kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Selanjutnya didapat tingkat self regulated learning setelah diterapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) adalah siswa yang memiliki persentase tinggi terdapat 7 siswa (25%), sedangkan yang memiliki persentase sedang terdapat 14 siswa (50%) dan terdapat 7 siswa (25%) yang memiliki persentase rendah. Sehingga dari hasil persentase dapat diketahui bahwa tingkat self regulated learning siswa yang tertinggi ada pada kategori sedang, maka tingkat self regulated learning (kemandirian belajar) setelah diterapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) tergolong pada tingkat sedang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKI AMALIA FITRI |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10460 |
Actions (login required)
View Item |