Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Pembembelajaran Menulis Puisi Kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras Jambi

Saputra, Dedi (2020) Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Pembembelajaran Menulis Puisi Kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras Jambi. Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Pembembelajaran Menulis Puisi Kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras Jambi.

[img] Text
PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X MIPA I SMAN TITIAN TERAS.pdf

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI samapi daftar lampiran piks pdf.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 1 DEDI PDF.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB V dedi piks pdf.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Saputra, Dedi. 2020. Pengaruh Metode Hypnoteaching pada Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ibu Dra. Irma Suryani, M.Pd., (II) Bapak Drs. Akhyaruddin, M.Hum., Kata kunci : hypnoteaching, menulis puisi, metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang adanya pengaruh metode hypnoteaching pada pembelajaran menulis puisi kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras Jambi pada November 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif berupa angka dengan One Class Pre-test Post-test Desain. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi siswa dan tes (sebagai data utama), wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi ketika menggunakan metode ceramah sebagai metode belajar terutama dalam memahami unsur batin dan unsur fisik puisi. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor yang didapatkan siswa sebesar 55 pada saat dilakukan pre-test. Berbanding terbalik ketika dilakukan post-test dengan menerapkan metode hypnoteaching sebagai metode belajar.siswa menjadi lebih aktif dan mampu memahami unsur batin maupun unsur fisik dalam puisi. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil post-test mencapai 75 dengan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN Titian Teras 70. Keberhasilan metode hypnoteaching dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X MIPA 1 SMAN Titian Teras ini adalah dengan adanya teknis hypnosis, yaitu teknik yang berperan penting untuk menyiapkan fisik maupun psikis siswa. Alhasil pembelajaran akan lebih mudah diterima dengan baik oleh siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat memilih metode hypnoteaching sebagai salah satu metode yang cocok untuk pembelajaran menulis puisi. Menulis puisi merupakan kegiatan mengekspresikan pikiran dan gagasan dalam benak siswa untuk direalisasikan dalam bentuk tulisan. Agar siswa dapat mengeskpresikan gagasan dalam benaknya secara optimal, guru harus menyiapkan metode pembelajaran yang sesuai dan salah satu rekomendasi penulis adalah metode hypnoteaching.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: DEDI SAPUTRA
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:36
Last Modified: 19 Feb 2020 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item