ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN IDEALIST DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP

PERA, ETI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN IDEALIST DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (129kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (690kB)
[img] Text
DAFTAR ISII.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis baik itu dalam proses pembelajaran matematika maupun dalam menyelesaikan soal matematika adalah kepribadian, yaitu tipe kepribadian idealist. dimana kepribadian idealist merupakan siswa yang suka menulis, membaca dan tidak suka diskusi. Sedangkan menulis, membaca dan diskusi tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa tipe kepribadian idealist dalam proses pembelajaran matematika dan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan tipe kepribadian idealist yang diambil dari siswa kelas VIII C di SMPN 18 Kota Jambi yang dipilih berdasarkan kecocokan hasil pengumpulan data. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar soal tes, serta pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data yang difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis siswa idealist dalam pembelajaran matematika, kemudian dilakukan penyajian data yang berisi pengklarifikasian dari hasil reduksi data tersebut, sehingga ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan komunikasi matematis belum terlihat pada siswa SI1, SI2, dan SI3 dalam proses pembelajaran relasi dan fungsi. Sedangkan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi siswa SI1, SI2, dan SI3 hanya indikator kedua yang tidak terpenuhi yaitu kemampuan memahami, menafsirkan, dan mengevaluasi ide matematika. Hal ini disebabkan oleh siswa SI1, dan SI2 yang belum memahami daerah hasil yang dilihat dari belum tepatnya siswa SI1, dan SI2 dalam menentukan relasi. Kemudian,siswa SI3 belum dapat menentukan strategi yang digunakan untuk menentukan daerah hasil dengan persamaan nilai fungsi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ETI PERA
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:37
Last Modified: 20 Feb 2020 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item