Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Web Dengan Menggunakan Visual Studio Code Pada Materi Gesekan

Dewi, Utari Prisma (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Web Dengan Menggunakan Visual Studio Code Pada Materi Gesekan. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian digital praktikum Fisika Dasar I berbasis keterampilan proses sains menggunakan visual studio code pada materi gesekan dan untuk mengetahui respon observer terhadap instrumen penilaian digital praktikum Fisika Dasar I berbasis keterampilan proses sains menggunakan visual studio code pada materi gesekan. Dengan adanya instrumen penilaian digital membuat penilain menjadi lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Uji coba dilakukan pada kelompok kecil yaitu mahasiswa aktif program studi pendidikan fisika yang sudah pernah menjadi asisten laboratorium dan pernah menggunakan instrumen penilaian berbasis cetak yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan angket respon. Hasil penelitian adalah pengembangan produk yang berupa instrumen penilaian digital keterampilan proses sains menggunakan visual studio code pada materi gesekan, yang telah divalidasi dengan skor 3,5 kategori sangat baik, dan angket respon observer terhadap instrumen menunjukkan bahwa instrumen penilaian praktikum yang dikembangkan dapat dikategorikan baik dan layak digunakan. Selain itu instrumen penilaian digital praktikum fisika dasar I berbasis keterampilan proses sains materi gesekan mendapat respon positif dari observer terhadap aspek materi dengan skor rata-rata 3,3 kategori sangat baik, aspek bahasa dengan skor rata-rata 3 kategori baik, aspek tampilan dengan skor 3,2 kategori baik, dan aspek manfaat dengan skor 3 kategori baik. Sehingga hasil rata-rata respon observer dikategorikan baik sampai dengan sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UTARI PRISMA DEWI
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:17
Last Modified: 20 Feb 2020 04:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item