HARWINA PUTRI, SELY (2020) PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DI KELAS XII MIS 4 SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. JURNAL PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DI KELAS XII MIS 4 SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (151kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Penggunaan Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Teman Sebaya di Kelas XII MIS 4 SMA Negeri 9 Kota Jambi Penulis : Sely Harwina Putri (A1E115018) Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Rully Andi Yaksa, S.Pd, M.Pd Penelitian ini berdasarkan fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa terlihat beberapa siswa yang jarang berinteraksi dengan teman di kelasnya, mereka lebih senang menyendiri pada saat jam istirahat, kurangnya rasa tanggung jawab dan kerjasama dalam kegiatan kelompok, terkesan acuh dengan kegiatan yang dilakukan teman sekelasnya, kurang terbuka saat berkomunikasi dengan teman, banyaknya kelompok atau gang di dalam kelas, selanjutnya terlihat juga beberapa siswa yang memiliki kepribadian tertutup. Interaksi dengan teman sebaya merupakan bentuk hubungan sosial yang sangat penting, karena dalam setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah siswa memerlukan kemampuan interaksi yang baik dengan teman sebayanya agar mudah mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan baik untuk belajar maupun untuk lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi teman sebaya dengan penggunaan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XII MIS 4 SMA Negeri 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan, subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIS 4 yang memiliki interaksi dengan teman sebaya kurang baik berjumlah 8 orang dan 2 orang siswa yang memiliki interaksi dengan teman sebaya cukup baik. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bimbingan dan Konseling. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I terlihat ada jarak antara siswa satu dengan yang lainnya, kurang berani mengemukakan pendapat, grogi ketika berperan dan terbata-bata ketika berbicara. Lalu pada siklus II suasana keakraban mulai terasa, siswa juga antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan, serta mulai berkomunikasi dengan siswa lain. Selanjutnya pada siklus III suasana keakraban sudah sangat terasa dimana mereka sudah mau bertanya dengan teman, bercanda, memberi masukan, menghargai perasaan teman, serta siswa yang sebelumnya pendiam atau jarang berinteraksi di kelas mengaku sudah mulai bisa untuk bergabung dengan temannya di kelas khusunya dengan teman yang ada dalam kelompok. Hendaknya guru BK dan pihak sekolah lainnya dapat menggunakan teknik sosiodrama sebagai salah satu alternative pemecahan masalah hubungan sosial siswa khusunya dengan teman sebaya Kata Kunci : Interaksi Teman Sebaya, Teknik Sosiodrama, Layanan Bimbingan Kelompok
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SELY HARWINA PUTRI |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 07:08 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10506 |
Actions (login required)
View Item |