Putri, Septiona Anggela (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
|
Text
lembar pengesahan word.pdf Download (243kB) |
|
Text
daftar isi,tabel,gmbar.lmp.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Septiona Anggela. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020: Skripsi jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs, M. Hidayat, M.Pd., (2) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Komunikasi siswa, inkuiri terbimbing, kearifal lokal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMAN 11 Muaro Jambi di kelas X IPA 1 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu kearifan lokal berbasis video. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, Pada siklus I hasil yang diperoleh belum mencapai kategori dikarenakan kemampuan komunikasi siswa belum optimal. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa adalah 65,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 52,38% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa menjadi 72,14 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 71,43% dari keseluruhan siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus III terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa dengan nilai rata-rata menjadi 83,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 85,71% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTIONA ANGGELA PUTRI |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 03:42 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10509 |
Actions (login required)
View Item |