Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020

Putri, Septiona Anggela (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
lembar pengesahan word.pdf

Download (243kB)
[img] Text
daftar isi,tabel,gmbar.lmp.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Septiona Anggela. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020: Skripsi jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs, M. Hidayat, M.Pd., (2) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Komunikasi siswa, inkuiri terbimbing, kearifal lokal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMAN 11 Muaro Jambi di kelas X IPA 1 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu kearifan lokal berbasis video. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, Pada siklus I hasil yang diperoleh belum mencapai kategori dikarenakan kemampuan komunikasi siswa belum optimal. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa adalah 65,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 52,38% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa menjadi 72,14 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 71,43% dari keseluruhan siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus III terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa dengan nilai rata-rata menjadi 83,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 85,71% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SEPTIONA ANGGELA PUTRI
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:42
Last Modified: 21 Feb 2020 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item