MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI DIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN MUSIK PERKUSI DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI

SIMBOLON, RAMA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI DIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN MUSIK PERKUSI DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI DIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN MUSIK PERKUSI DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Simbolon, Rama. 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Musik di taman kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (2) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Kemampuan Mengelola Emosi, Bermain Musik. Penelitian ini berlatar belakang tentang kemampuan mengelola emosi diri pada anak melalui bermain musik di taman kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi yang masih belum berkembang secara optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran anak belum sepenuhnya mengenal emosi diri dalam mengekspresikan ide dan gagasan. Dan anak masih belum mampu mengontrol dan mengikuti kegiatan yang di contohkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan mengelola emosi diri pada anak melalui bermain musik . Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi . Kemampuan mengelola emosi diri pada anak yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu menunjukkan kemampuan mengenal emosi diri, kemampuan mengatur emosi diri dengan situasi dan kondisi, kemampuan memanfaatkan emosi diri sesuai dengan kondosi diri, memiliki pertahanan diri dalam menghadapi setiap persoalan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), Dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyususnan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif, Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengelola emosi diri pada anak melalui bermain musik di Taman kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi yaitu : dari Pratindakan 25%, Siklus I pertemuan ke-1 25.77%, Siklus I pertemuan ke-2 28.32%, Siklus I pertemuan ke-3 34.60%, Siklus 1 pertemuan ke-4 39.65%, Siklus II pertemuan ke-1 57.42%, Siklus II pertemuan ke-2 61.45%, Siklus II pertemuan ke-3 77.86% , Akhirnya Siklus II pertemuan ke-4 89.57% melebihi kriteria ketuntasan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri pada anak melalui bermain musik di Taman kanak-kanak Harapan Bunda Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran harus lebih kreatif dalam mencontohkan ketukan untuk mencapai tingkat kemampuan mengelola emosi pada anak yang lebih maksimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAMA SIMBOLON
Date Deposited: 21 Feb 2020 08:08
Last Modified: 21 Feb 2020 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item