KARTIKA, SUCI (2020) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Kearifan Lokal pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI IPA SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran pbl (problem based learning) berbantu kearifan lokal pada materi fluida dinamis kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Pada siklus I hasil yang diperoleh belum mencapai kategori dikarenakan kemampuan komunikasi siswa belum optimal. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa adalah 67,29 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 55,56% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa menjadi 74,78 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 74,07% dari keseluruhan siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus III terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa dengan nilai rata-rata menjadi 83,18 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 88,89% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Suci Kartika |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 03:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10536 |
Actions (login required)
View Item |