Kajian Sistem Pemasaran Kedelai di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur

SILVIA, HILY (2017) Kajian Sistem Pemasaran Kedelai di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi Ilmiah. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HILY SILVIA.Kajian Sistem Pemasaran Kedelai Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dibimbing oleh Prof.Dr.Ir.H.ZulkifliAlamsyah,M.Sc dan Ir. Adlaida Malik, M.S. Penelitian ini bertujuan mengetahui sistem pemasaran kedelai dan Menghitung besarnya marjin, biaya dan farmer’s share dalam saluran pemasaran kedelai di Desa Simpang dan Rantau Makmur Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus 2016 sampai dengan 5 September 2016 di Desa Simpang dan Rantau Makmur Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, data diperoleh dari 40 petani sampel dan 5 pedagang sampel yang memproduksi dan memasarkan kedelai. Metode penarikan sampel petani kedelai yang digunakan adalah acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan Metode Slovin atau Taro Yamane dan Metode Snowball Sampling digunakan untuk penarikan sampel pada pedagang Kedelai. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sistem pemasaran kedelai (biji kering) untuk konsumsi yang dilaksanakan belum efisien.Hal ini terlihat dari fungsi fasilitas dengan tidak melaksanakan fungsi standarisasi dan grading yang dilaksanakan hanya kegiatan sortasi. Harga jual kedelai ke pengrajin dan pabrik tahu tempe lebih cocok dari pada menjual kedelai ke pedagang pengumpul desa. Nilai marjin pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 1000/Kg, farmer’s share pemasaran kedelai diperoleh sebesar 85% tujuan konsumen akhir Kota Jambi. Lembaga pemasaran yang terlibat hanya pedagang pengumpul desa. Pada saluran II dan III tidak terlibat lembaga pemasaran karena petani menjual langsung kedelai ke konsumen akhir. Kata Kunci : Sistem Pemasaran, Kedelai, Berbak.

Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: HILY SILVIA
Date Deposited: 03 Jul 2017 01:34
Last Modified: 03 Jul 2017 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item