SILVIA, HILY (2017) Kajian Sistem Pemasaran Kedelai di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi Ilmiah. (Unpublished)
|
Text
SAMPUL.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK HILY SILVIA.Kajian Sistem Pemasaran Kedelai Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dibimbing oleh Prof.Dr.Ir.H.ZulkifliAlamsyah,M.Sc dan Ir. Adlaida Malik, M.S. Penelitian ini bertujuan mengetahui sistem pemasaran kedelai dan Menghitung besarnya marjin, biaya dan farmer’s share dalam saluran pemasaran kedelai di Desa Simpang dan Rantau Makmur Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus 2016 sampai dengan 5 September 2016 di Desa Simpang dan Rantau Makmur Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, data diperoleh dari 40 petani sampel dan 5 pedagang sampel yang memproduksi dan memasarkan kedelai. Metode penarikan sampel petani kedelai yang digunakan adalah acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan Metode Slovin atau Taro Yamane dan Metode Snowball Sampling digunakan untuk penarikan sampel pada pedagang Kedelai. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sistem pemasaran kedelai (biji kering) untuk konsumsi yang dilaksanakan belum efisien.Hal ini terlihat dari fungsi fasilitas dengan tidak melaksanakan fungsi standarisasi dan grading yang dilaksanakan hanya kegiatan sortasi. Harga jual kedelai ke pengrajin dan pabrik tahu tempe lebih cocok dari pada menjual kedelai ke pedagang pengumpul desa. Nilai marjin pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 1000/Kg, farmer’s share pemasaran kedelai diperoleh sebesar 85% tujuan konsumen akhir Kota Jambi. Lembaga pemasaran yang terlibat hanya pedagang pengumpul desa. Pada saluran II dan III tidak terlibat lembaga pemasaran karena petani menjual langsung kedelai ke konsumen akhir. Kata Kunci : Sistem Pemasaran, Kedelai, Berbak.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | HILY SILVIA |
Date Deposited: | 03 Jul 2017 01:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2017 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |