PRINSIP KERJA SAMA DALAM BERDISKUSI SISWA KELAS VIII E SMPN 22 KOTA JAMBI

TRINALDI, ADIT (2020) PRINSIP KERJA SAMA DALAM BERDISKUSI SISWA KELAS VIII E SMPN 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata kunci:prinsip kerja sama, diskusi, siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kerja sama (pematuhan dan pelanggaran) saat berdiskusi pada materi teks eksposisi. Melihat faktor penyebab pelanggaran prinsip kerja sama saat berdiskusi, serta mengetahui dampak pelanggaran dalam berdiskusi pembelajaran bahasa Indonesia materi teks eksposisi. Penelitian ini dilakukan karena siswa kesulitan dalam memahami informasi dalam pemebelajan, sekaligus sulit untuk mengkomunikasikan informasi yang ada dalam pemikirannya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pemecah masalah tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif. Data penelitian ini merupakan tuturan siswa pada saat berdiskusi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 22 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menggunakan teknik sadap (teknik simak, teknik catat, teknik rekam, teknik simak libat cakap). Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulakan data yang dibutuhkan, setelah itu memilah dan memilih data pematuhan dan data pelanggaran prinsip kerja sama, setelah itu melakukan penarikan kesimpulan, untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi teori, agar data yang didapatkan melupakan data yang valid berdasarkan teori prinsip kerja sama Grice. Hasil penelitian menunjukan dalam berdiskusi terdapat pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Pematuhan prinsip kerja sama berjumlah 32 data, dan pelanggaran prinsip kerja sama berjumlah 32 data. Pematuhan prinsip kerja sama paling banyak terjadi pada maksim hubungan sebanyak sembilan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama banyak terjadi pada maksim kuantitas sebanyak sebelas pelanggaran. Faktor penyebab terjadi pelanggaran prinsip kerja sama meliputi: sama (1) tidak percaya diri, (2) tidak menguasai topik, (3) emosi, (4) tidak fokus. Faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya pelanggaran adalah pematuhan maksim yang satu demi melanggar maksim maksim yang lain. Dampak dari pelanggaran prinsip kerja sama adalah kesalahan dalam pemahaman informasi yang akan terus menerus terjadi sampai pada akhirnya terdapat pemberian informasi baru.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adit Trinaldi
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:52
Last Modified: 25 Feb 2020 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item