PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GANTUNGAN KUNCI KONTEKSTUAL MATERI INSEKTA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Dwi Utami, Helda (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GANTUNGAN KUNCI KONTEKSTUAL MATERI INSEKTA UNTUK SISWA KELAS X SMA. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GANTUNGAN KUNCI KONTEKSTUAL MATERI INSEKTA UNTUK SISWA KELAS X SMA.

[img] Text
COVER+Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Utami, Helda, Dwi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Gantungan Kunci Kontekstual Materi Insekta Untuk Siswa Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Afreni Hamidah,S.Pt.,M.Si., (2) Mia Aina, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media pembelajaran, Gantungan kunci, Kontekstual, Insekta. Penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa gantungan kunci kontekstual materi insekta untuk siswa kelas X SMA. Penelitian dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan divalidasi oleh validator media dan validator materi. Selanjutnya media yang telah divalidasi kemudian diujicobakan dengan ujicoba kelompok kecil yaitu 6 orang dan ujicoba kelompok besar yaitu 20 orang, serta melihat persepsi guru terhadap media tersebut. Hasil validasi media mendapat skor akhir 52 dengan persentase 86,66% kategori sangat baik dan validasi materi mendapat skor akhir 37 dengan persentase 92,5% kategori sangat baik. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 289 persentasenya 80,27% kategori sangat baik, kelompok besar mendapat skor 1.083 dengan persentase 90.25% kategori sangat baikdan respon guru mendapat skor 46 dengan persentase 76,66% termasuk kategori sangat baik. Media pembelajaran berupa gantungan kunci kontekstual yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar yang membantu guru dalam menyampaikan materi insekta, serta dapat membantu siswa memahami materi insekta secara singkat yang berupa 5 ordo, yaitu ordo Coleoptera, Hemiptera, Orthoptera, Hymenoptera dan Diptera, yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri dimana saja dan kapan saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa gantungan kunci kontekstual dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau sumber belajar pada materi insekta.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: HELDA DWI UTAMI
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:35
Last Modified: 30 Jun 2020 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item