Pengembangan Munltimedia Interaktif Teks Eksposisi Untuk Menulis Teks Eksposisi di Kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi

Ayub, Zarobi (2020) Pengembangan Munltimedia Interaktif Teks Eksposisi Untuk Menulis Teks Eksposisi di Kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. D3 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I SKRIPSI-converted.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI-converted.pdf

Download (69kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI-converted.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zarobi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Multimedia Interaktif di Kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (2) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : media pembelajaran, multimedia interaktif, menulis teks eksposisi Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran teks eksposisi berbasis multimedia interaktif, (2) mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran teks eksposisi berbasis multimedia interaktif dan (3) mengetahui kemenarikan dan kepraktisan media pembelajaran teks eksposisi berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementataion, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi, ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis multimedia interaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dengan skala 5 dan tes dalam bentuk pretest dan postest. Analisis data digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, keefektifan media pembelajaran, kemenarikan dan kepraktisan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa (1) deskripsi proses pengembangan media pembelajaran teks eksposisi berbasis multimedia interaktif, (2) analisis kelayakan dan keefektifan, dengan hasil akhir sebesar 83% dari ahli media dan 78% dari ahli materi untuk aspek kelayakan, aspek keefektifan mendapatkan persentase angka sebesar 62% yang diperkuat dengan hasil uji T pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% diperoleh nilai

Type: Thesis (D3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ZAROBI
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:43
Last Modified: 29 Jun 2020 08:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item