PADHILAH ANASTI, HURIYAH (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (707kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
Abstract
ABSTRAK Anasti, Huriyah Padhilah. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Nazurty, M.Pd., (II) Drs. Aripudin, M.Hum. Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dan wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu data disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitin menunjukkan pada langkah membuat kelompok heterogen yang terdiri dari 4 orang, guru telah mampu membuat kelompok dan mengatasi kesulitan yang terjadi seperti siswa yang sulit dikelompokan secara heterogen. Pada langkah guru memberikan teks puisi kepada siswa, guru memberikan teks puisi berupa puisi “Serenada Hijau”. Pada langkah siswa membacakan dan menemukan tema teks puisi secara bersama-sama, kemudian setiap siswa menulis kembali puisi dengan tema yang telah ditentukan pada selembar kertas, telah berlangsung dengan baik. Siswa telah mampu menentukan tema dan kemudian menulis kembali puisi sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Pada langkah mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok, siswa secara aktif ikut dalam proses pembelajarqan, memberikan komentar dan tanggapan. Selanjutnya guru dan siswa membuat kesimpulan bersama, dan ditutup dengan penyampaian secara singkat materi selanjutnya. Adapun nilai yang diperoleh siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan model CIRC berada pada tingkat sangat mampu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dengan langkah-langkah a) membuat kelompok heterogen yang terdiri dari 4 orang, b) guru memberikan teks puisi kepada siswa, c) siswa membacakan dan menemukan tema teks puisi secara bersama-sama, kemudian setiap siswa menulis kembali puisi dengan tema yang telah ditentukan pada selembar kertas, d) mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok, e) membuat kesimpulan bersama, f) penutup, memperoleh hasil nilai kemampuan menulis puisi siswa pada kategori sangat mampu. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran menulis puisi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Huriyah Padhilah Anasti |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 06:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10585 |
Actions (login required)
View Item |