MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DI TK PERTIWI VII DESA SAPTA MULIA KEC.RIMBO KAB.TEBO

FEBRIANI DWI PUTRI.M, AMENCIA (2020) MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DI TK PERTIWI VII DESA SAPTA MULIA KEC.RIMBO KAB.TEBO. JURNAL MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DI TK PERTIWI VII DESA SAPTA MULIA KEC.RIMBO KAB.TEBO.

[img] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Amencia Febriani Dwi Putri.M 2020. Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Permainan Tradisional Di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I Kata kunci : Perilaku Prososial, Permainan Tradisional, Anak Berdasarkan munculnya perilaku prososial dapat dilihat dari indikator bekerjasama, menolong, berbagi dengan orang lain, dan kejujuran ternyata terdapat beberapa anak Kelompok B1 di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo yang belum memunculkan perilaku-perilaku tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara prapenelitian. Observasi prapenelitian pada anak Kelompok B1 (berusia 5-6 tahun). Anak usia dini di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo pada Kelompok B1 memiliki kecenderungan belum menunjukkan perilaku prososial sesuai indikator. Anak tersebut justru menunjukkan perilaku yang berlawanan seperti, tidak mau berbagi mainan dengan temannya, mengolok-olok teman yang kurang percaya diri, tidak mau meminta maaf pada teman yang diganggu, dan ingin mengerjakan tugas kelompok sendiri. Anak di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo mengalami perilaku prososial yang rendah, Berdasarkan uraian diatas maka judul dalam penelitian ini mengenai: “Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Permainan Tradisional Di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo tahun pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK Pertiwi VII Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo sebanyak 18 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil tindakan penelitian Siklus I pertemuan 1 sebesar (15.31%), pertemuan 2 (48.26%), pertemuan 3 (55.40%), pertemuan 4 (60,04%), pada siklus 2 pertemuan 1 (66.40%), pertemuan 2 (71.88%), pertemuan 3 (75.27%), dan pertemuan 4 (82.10%) dengan peningkatan sebesar 37.18% dari siklus 1 ke siklus 2 dan sudah mulai menunjukkan peningkatan dan berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil tindakan penelitian siklus II sebesar 82.10% dan meningkat sebesar 22.06%, berada pada kriteria berkembang sangat baik berdasarkan pada indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. Keberhasilan penelitian pada Siklus II dapat mencapai hasil yang diinginkan ketika dilaksanakan sebelum istirahat. Dari hasil yang telah didapatkan melalui pengamatan sebanyak 8 kali pertemuan menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat meningkatkan perilaku prososial dengan unsur memahami dan menaati aturan, sabar menunggu giliran, berkomunikasi dengan teman sebayanya serta mampu bekerjasama dalam suatu kelompok.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMENCIA FEBRIANI DWI PUTRI M
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:32
Last Modified: 27 Feb 2020 04:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item