PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN TIPE MODELING THE WAY PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

A'la, Muyassar (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN TIPE MODELING THE WAY PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DEKAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)

Abstract

A’la, Muyassar. 2020. Perbandingan kemampuan komunikasi matematis yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two dengan tipe Modeling The Way pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M. Si. (II) Dr. Nizlel Huda, M. Kes. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Strategi Pembelajaran Aktif tipe The Power of Two, Strategi Pembelajaran Aktif tipe Modeling The Way, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi, diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika dan saat terlibat dalam proses pembelajaran siswa cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan strategi pembelaran aktif tipe The Power Of Two dan tipe Modeling The Way. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two dengan tipe Modeling The Way pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Muaro Jambi yang berjumlah 226 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII D terpilih sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII E terpilih sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen I sebesar 75,119 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 69,881. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelaran aktif tipe Modeling The Way.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUYASSAR A LA
Date Deposited: 27 Feb 2020 06:30
Last Modified: 27 Feb 2020 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item