ANALISIS UNSUR PEMBENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN IKLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

YUNITA ANGGRAINI, DEWI (2020) ANALISIS UNSUR PEMBENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN IKLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. jurnal ANALISIS UNSUR PEMBENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN IKLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (143kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Dewi Yunita. 2020. Analisis Unsur Pembentuk Iklan Layanan Masyarakat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Iklan di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., (II) Priyanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Unsur pembentuk, iklan layanan masyarakat, pembelajaran iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur pembentuk iklan layanan masyarakat yang berada di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 dan implikasinya terhadap pembelajaran iklan di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi sebagai sumber belajar. Dengan penelitian ini, guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar siswa untuk dijadikan sebagai sumber belajar materi iklan. Dengan demikian, siswa dapat memperoleh sumber belajar yang dekat dan mudah diakses oleh siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi iklan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena mendeskripsikan unsur pembentuk iklan layanan masyarakat yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik pada iklan layanan masyarakat di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun implikasi iklan layanan masyarakat di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 dilakukan peneliti berdasarkan KI dan KD materi iklan kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 iklan layanan masyarakat yang ada di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 memiliki unsur pembentuk iklan yang lengkap dan sesuai dengan kriteria iklan layanan masyarakat. Dari 12 iklan yang dianalisis, terdapat 2 iklan yang khusus ditujukan untuk masyarakat bukan usia sekolah dan untuk pekerja (kurang sesuai dengan karakteristik siswa). Hal ini diperoleh peneliti bersama guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi dengan mengajukan 20 pertanyaan pada lembar tanggapan yang berisikan kriteria iklan yang sesuai untuk peserta didik dan sesuai dengan KI dan KD pembelajaran iklan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 10 iklan layanan masyarakat yang berisi informasi, imbauan, larangan, dan peringatan tentang keselamatan berkendara, taat peraturan berlalu lintas, dan pencegahan kebakaran hutan dapat dijadikan sebagai referensi/sumber belajar pada pembelajaran iklan di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dewi Yunita Anggraini
Date Deposited: 03 Mar 2020 01:43
Last Modified: 03 Mar 2020 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item