Anggraini, Deby (2020) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 KOTA JAMBI PADA MATERI POLA BILANGAN. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (89kB) |
||
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (215kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggraini, Deby. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi Pada Materi Pola Bilangan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muslim, S.Pd., M.Si., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika, Pendidikan Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi pola bilangan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Kota Jambi pada Agustus 2019. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta memberikan tes hasil belajar kepada siswa. Setelah tes hasil belajar dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pendekatan realistic mathematics education terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dalam uji korelasi yang memperoleh besaran nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,489 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,239 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 23,9% sedangkan sisanya di pengaruhi variabel lain yang berada di luar penelitian. Dari hasil perbandingan antara nilai sig dan α, diperoleh bahwa sig = 0,00 < α = 0,05 sehingga ada hubungan antara pendekatan RME dengan hasil belajar matematika. Kemudian dalam uji linieritas diperoleh bahwa diperoleh bahwa linearity nilai signifikannya sebesar 0,005, yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga ada hubungan yang linear secara signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Lalu dalam uji regresi jika -t_(tabel ) ≤〖 t〗_hitung ≤ 〖 t〗_tabel, maka H_0 diterima dan jika, 〖 t〗_hitung > t_tabel, maka H_0 di tolak. Didapatlah nilai 〖 t〗_hitung = 3,170 dan nilai t_tabel = 2,037 dilihat pada tabel t. Ternyata 〖 t〗_hitung = 3,170 > t_tabel = 2,037, maka H_0 di tolak. Sehingga dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan Realistic Mathematics Education dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Berdasarkan garis regresi yang didapat bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa mempunyai hubungan linier, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan realistic mathematics education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEBY ANGGRAINI |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 03:16 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10666 |
Actions (login required)
View Item |