Arifin, Timothy Mula (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 24 Jambi. (Unpublished)
Text
COver-dikonversi.pdf Download (39kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (98kB) |
|
Text
Daftar Isi-dikonversi.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB I (ol)-dikonversi.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (40kB) |
Abstract
ABSTRAK Arifin, Timothy Mula. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. DR. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., M.Si, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilakasanakan di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 70, hal yang diduga mempengaruhi prestasi belajar tersebut adalah lingkungan keluarga yang kurang kondusif dan pemanfaatan fasilitas belajar disekolah yang kurang dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif yaitu data yang dikumpul dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independent variabel) yaitu lingkungan keluarga (X_1), pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X_2), dan variabel terikat (dependent variabel) yaitu prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari variabel lingkungan keluarga (X_1) memiliki memiliki thitung sebesar 11,320. Kemudian untuk ttabel menggunakan rumus df = n – k dengan n adalah jumlah sampel dan k adalah jumlah variabel bebas dan terikat, sehingga hasilnya yaitu 96 – 3 = 93, sehingga ttabel = 1,66140. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu (11,320 > 1,66140). Kemudian dilihat dari variabel pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X2) memiliki memiliki thitung sebesar 10,861. Kemudian untuk ttabel menggunakan rumus df = n – k dengan n adalah jumlah sampel dan k adalah jumlah variabel bebas dan terikat, sehingga hasilnya yaitu 96 – 3 = 93, sehingga ttabel = 1,66140. Jadi, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu (10,353 > 1,66140). Terlihat bahwa nilai signifikansinya kurang dari 0,05 yaitu 0,011 berdasarkan cara pengambilan uji simultan bahwa variabel lingkungan keluarga (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X2) jika diuji bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Jambi
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Timothy Mula Arifin Rajagukguk |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 09:05 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 09:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10667 |
Actions (login required)
View Item |