ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

SIMAMORA, FEIVE (2020) ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Feive Simamora, 2020. Analisis Gaya Belajar visual Auditori Dan Kinestetik Anak Usia Dini di TK Xaverius 1 Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (2) Nofrans Eka Saputra, S.Psi, M.A. Kata Kunci: Gaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik Masa taman kanak-kanak (TK) merupakan masa penting dalam perkembangan anak, untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak, kita sebagai guru ataupun orang tua harus memahami kemampuan anak dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri anak. Karena setiap anak-anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap sebuah informasi dan setiap anak itu unik. Untuk itu guru harus mengetahui ritme dan gaya belajar masing-masing anak. Bila kita mengenalkan banyak hal pada anak untuk mengikuti gaya belajarnya maka informasi yang di serap akan jauh lebih banyak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada Anak Usia Dini di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di kelas kelompok B. jumlah kelas pada kelompok B ada 1 kelas yang berjumlah 20 orang anak. Data penelitian di peroleh dengan bentuk instrumen obeservasi, berupa daftar cek (chek list) yaitu suatu daftar yang berisi pernyataan data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak TK Xaverius 1 kota Jambi pada kelompok B, gaya belajar yang dominan visual berjumlah 12 orang anak (CHE, CVT, FLO, KE, NAH, NED, WIL, JES, MER, KEV, MUT, DEV), gaya belajar yang dominan auditori tidak memiliki gaya belajar yang dominan. gaya belajar yang dominan kinestetik berjumlah 8 orang anak (AWL, ARM, AKP, BR, GF, GP, JV, JU). Dari hasil observasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas anak lebih dominan kinestetik dalam melakukan kegiatan, karena dukungan alat belajar anak banyak menggunakan alat permainan edukatif (APE).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FEIVE SIMAMORA
Date Deposited: 03 Mar 2020 09:05
Last Modified: 03 Mar 2020 09:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item