FEBRIANTO, JOKO (2020) PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X SMA.
Text
COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (602kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB 5..pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Febrianto, Joko. 2019. Pengembangan E-comic Berbasis Kearifan Lokal Jambi pada Materi Pelestarian Lingkungan untuk Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si., (2) M.Erick Sanjaya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : media pembelajaran, e-comic, pelestarian lingkungan, kearifan lokal jambi, lubuk larangan Media pembelajaran berbentuk e-comic merupakan media pembelajaran inovasi dari komik yang mempunyai ciri khas dengan alur cerita bergambar yang dirancang untuk menyampaikan suatu materi. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic berbasis kearifan lokal Jambi pada materi pelestarian lingkungan, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-comic, (3) Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran e-comic. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi pada Desember 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran Biologi. E-comic yang dikembangkan membahas materi pelestarian lingkungan berbasis kearifan lokal jambi mengenai lubuk larangan. Penelitian ini termasuk dalam kelompok Research dan Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, dimana terdapat lima tahapan pengembangan ADDIE, yaitu : analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Ujicoba dilakukan terhadap 6 peserta didik (kelompok kecil) dan 33 peserta didik (kelompok besar). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media dan materi, pedoman wawancara guru, dan lembar angket siswa dan guru. Hasil validasi materi diperoleh sebesar 84,37% dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi media diperoleh sebesar 84,37% dengan kategori “ Sangat Baik”. Hasil ujicoba terhadap kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 92,44% dengan kategori “ Sangat Baik”, kelompok besar sebesar 90,81 dengan kategori “ Sangat Baik” dan presepsi guru sebesar 81,25% dengan kategori “ Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-comic berbasis kearifan lokal Jambi pada materi pelestarian lingkungan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | Joko Febrianto |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 09:04 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10675 |
Actions (login required)
View Item |