PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL KELAS XI IPS MAN 1 MUARO JAMBI

Branza Zizki, Yulian (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL KELAS XI IPS MAN 1 MUARO JAMBI. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL KELAS XI IPS MAN 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
daftar isi, gambar,tabel.pdf

Download (403kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Zizki, Yulian Branza. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal Kelas XI IPS MAN 1 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Fachruddiansyah Muslim, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Berpikir Kritis. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar siswa serta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Keefektivitasan pembelajaran bisa ditingkatkan melalui cara berpikir kritis siswa. Berpikir kritis merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu proses pembelajaran dan juga sangat diperlukan bagi perkembangan mental dan perubahan pola pikir siswa untuk menunjang keberhasilan belajar siswa sesuai dengan yang di inginkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah-langkah, kelayakan produk, serta respon pendidik dan respon peserta didik dalam pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas XI IPS MAN 1 Muaro Jambi. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengahasilkan produk instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas XI IPS. Adapun lokasi uji coba penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi sedangkan lokasi implementasi di MAN 1 Muaro Jambi. Tahapan dalam pengembangan produk ini yaitu self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa di dapatkan hasil pada tahap one to one dari 126 soal ternyata soal yang layak pakai ada 106, pada tahap small group soal yang layak pakai ada 82 soal sedangkan tahap field test soal yang layak pakai ada 75 soal. maka soal yang akan diimplementasikan di MAN 1 Muaro Jambi ada 75 soal, menunjukkan hasil kemampuan berpikir dari Aspek focus memiliki persentase sebesar 41,8%, aspek reason 39,13%, clarity 35,73%, aspek inference 35,73%, aspek situation 35,6% dan aspek overview 36,21%

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIAN BRANZA ZIZKI
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:51
Last Modified: 06 Mar 2020 04:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item